PEPSI PAMIT DARI INDONESIA, INI DIA ASAL MULA LAHIRNYA PEPSI COLA

INDONESIA VIRAL - Siapa yang tidak pernah minum Pepsi? Si soda asal Amerika Serikat ini bakalan pamit dari Indonesia 10 oktober ini lho!

Tahu nggak sih, kalau ternyata pepsi itu adalah minuman soda tertua diantara soda-soda lainnya?

Dan pastinya tidak banyak yang tahu kenapa sih minuman soda ini dinamakan Pepsi?



Yuk kita bahas lebih lanjut,

Peracik Pepsi adalah, Caleb Davis Braham. Minuman ini lahir ditahun 1899, yang menggantikan nama minuman sebelumnya, Brad's Drink.

Alasan diubahnya nama itu adalah karena Caleb ingin konsumen tahu bahwa minuman ini bukanlah minuman biasa.

Pepsi Cola merupakan minuman soda sehat yang membantu proses pencernaan makanan. Pepsi berasal dari kata DYSPEPSIA yang artinya penyakit perut karena pencernaan.

Mari kita bahas lebih lanjut tentang Caleb, ditahun 1890, Caleb menempuh pendidikan untuk menjadi dokter di University Of Maryland's School of Medicine dan ia bekerja paruh waktu di toko obat lokal.

Tetapi Caleb terpaksa harus pulang ke North Carolina karena krisis keluarga dan harus melepaskan mimpinya dan bekerja di bidang medis.

Sempat mencoba bekerja sebagai guru, namun Caleb memutuskan membuka drug store di pusat kota New Bern, North Carolina.

Seperti drugstore lainnya, The Bradham Drug Company juga punya soda fountain yang kemudian menciptakan Pepsi-Cola. Tak seperti soda terkenal saat itu, Caleb mau mencoba menciptakan minuman soda bebas 'stimulan'.

Di tahun 1893, gagasan nya berhasil menciptakan Brad's Drink yang kemudian diubah namanya menjadi Pepsi. Campurannya adalah air, gula, vanilla, eksrak kacang kola, dan minyak. Tak mengandung kafein, minuman ini pun langsung jadi sensasi di kota kecil tersebut.

Tahun 1920, persaingan Coca Cola dan Pepsi pun semakin ketat.
Fluktuasi gula di masa Perang Dunia I, membuat Pepsi mengeluarkan surat pernyataan gulung tikar pada 1921.

Di antara 1922-1931, Coca-Cola mengajukan penawaran membeli perusahaan tersebut pada tiga kesempatan berbeda, tapi selalu ditolak. Seiring harga yang kondusif setelah era perang dunia, Pepsi pun lahir kembali.



Sejak itu, pertanyaan Coke atau Pepsi hampir selalu mendominasi budaya pop, apalagi setelah keduanya mengiklankan produk mereka lewat iklan komersial di tahun 1970-an.

Tercatat di 1975, Pepsi membangun Pepsi Challenge yang menantang konsumen menebak minuman dengan mata tertutup.

Akhirnya mengidentifikasi mana yang Pepsi dan mana minuman soda dari merek lain.

Coca Cola membalas dengan Cola War dan iklan klasik Michael Jackson mengudara di seluruh stasiun televisi di Amerika Serikat.

Di Indonesia, Pepsi diproduksi oleh PT Pepsi-Cola dan Distribusikan PT Indofood Asahi Sukses Beverage.

Post a Comment

0 Comments