7 MANFAAT SEMANGKA YANG BAIK UNTUK TUBUH KITA

INDONESIA VIRAL - Belakangan ini semangka sempat mendapat reputasi buruk di antara penggiat diet keto karena dianggap mengandung kadar gula yang tinggi. Tapi betul tidak sih rasanya yang manis disebabkan kadar gula yang tinggi? Ternyata anggapan itu keliru karena semangka justru termasuk rendah kadar gulanya dibanding buah-buahan lain seperti mangga, pisang, dan apel. Selain dikonsumsi langsung, buah semangka juga kerap menjadi bahan produk kecantikan berkat kandungan bergizi di dalamnya, lho.



Masih ragu mengonsumsi buah semangka? Berikut adalah 7 manfaat kesehatan yang terkandung di dalamnya.

1. Mengandung likopen yang bisa melawan sel kanker.

2. Kaya akan vitamin C.

3. Cemilan sebelum olahraga yang pas.

4. Buah semangka juga bermanfaat bila dikonsumsi sehabis olahraga.

5. Baik untuk kesehatan jantung.

6. Mencegah dehidrasi.

7. Alternatif pencuci mulut yang segar.

Risiko terlalu banyak mengonsumsi buah semangka:
Jika dikonsumsi dalam jumlah yang masuk akal, buah semangka tak akan mengakibatkan efek samping yang serius. Namun terlalu banyak mengonsumsi likopen dan potassium dalam semangka ternyata punya efek kurang bagus juga untuk tubuh. Konsumsi lebih dari 30 miligram likopen setiap hari dapat mengakibatkan mual, diare, gangguan pencernaan, dan kembang menurut American Cancer Society.

Terlalu banyak mengonsumsi semangka juga harus dihindari oleh mereka yang mengidap hyperkalemia alias kelebihan potassium di dalam darah. Penderita hyperkalemia disarankan tak mengonsumsi semangka lebih dari satu gelas per hari atau sekitar 140 miligram potassium. Hyperkalemia sendiri dapat menyebabkan detak jantung yang tak teratur dan masalah kardiovaskular lain serta kontrol otot yang melemah.

Banyak juga yang salah kaprah menganggap mengonsumsi semangka dapat menjadi cara cepat diet karena kandungan air di dalamnya dapat membuat perut terasa kenyang. Walaupun mengonsumsi lebih banyak buah dan sayur secara alami dapat mengurangi kalori dan membantu mengontrol berat badan, namun tidak disarankan hanya mengonsumsi semangka karena kamu mungkin akan turun berat badan, namun yang hilang kebanyakan adalah massa otot alih-alih lemak.

Jadi apapun manfaatnya, yang namanya berlebihan memang cenderung tidak baik. So please be wise about it dan kombinasikan dengan makanan kaya manfaat lainnya untuk hasil yang maksimal.

Post a Comment

0 Comments